Monday, October 17, 2011

Ki Hanjuang Midang

Paramitra anu sayogina netep atanapi linggih di Tatar Sunda/Jawa Barat tangtu uninga kana tangkal Hanjuang / Ki Hanjuang. Lumrahna tumuwuh di payuneun bumi/padumukan atanapi di kebon sareng huma/sawah. Didieu simkuring bade mertelakeun naon kakaitna tangkal Ki Hanjuang sareng perkawis KaSundaan. Kunaha aya kakaitna kitu? Ieu mah ukur ngajentrekeun pendapat simkuring pribadi we. Upami aya kalepatan hampura saageung-ageungna.Teu lian simkuring mah ukur nyobian mukakeun lawang Ki Sunda ku carana pribados.


Saliwat ngeunaan Ki Hanjuang

Hanjuang (Cordyline) atau andong (bahasa Jawa) merupakan sekelompok tumbuhan monokotil berbatang yang sering dijumpai di taman sebagai tanaman hias. Marga Cordyline memiliki sekitar 15 jenis. Sistem APG II memasukkan hanjuang ke dalam suku Laxmanniaceae. Namun demikian, beberapa pustaka lain memasukkannya ke dalam Liliaceae (suku bakung-bakungan) serta Agavaceae.

Nama hanjuang juga dipakai untuk sekelompok tumbuhan dari marga Dracaena.

Daun hanjuang khas, berbentuk lanset, berukuran agak besar dan berwarna hijau kemerah-merahan (Cordyline) atau berwarna hijau muda (Dracaena).

Jenis

Kebanyakan jenis Cordyline merupakan tanaman hias karena warna daunnya yang berubah menjadi merah jika mendapat sinar matahari langsung. Beberapa jenisnya:
Cordyline australis
Cordyline banksii
Cordyline fruticosa syn. C. terminalis (hanjuang biasa)
Cordyline haageana
Cordyline indivisa
Cordyline obtecta syn. C. kaspar, C. baueri dari Selandia Baru
Cordyline pumilio
Cordyline stricta
 
Kegunaan

Hanjuang Cordyline sering dipakai sebagai tanaman pelindung dan pembatas blok pada sawah, ladang, serta perkebunan teh atau kina di Indonesia. Hanjuang, terutama C. fruticosa, populer sebagai tanaman hias. Daun hanjuang dipakai sebagai pembungkus makanan. Hasil penelitian menunjukkan, bungkus daun hanjuang memiliki kemampuan antibakterial.

Dalam masyarakat Sunda, Jawa, serta Bali, hanjuang memiliki makna sebagai "pembatas ruang", baik secara harafiah maupun filosofis.



Bahasan ieu dikawitan ku hiji patarosan simkuring ka hiji sepuh nu uninga kana Ka Sundaan, perkawis kunaha Ki Hanjuang dina salah sahiji sumber disebatkeun birehna janten ciciren/simbol Nagara Padjadjaran.Nahaon kakaitna,sareng kumaha sajarahna.
Hanjuang/Ki Hanjuang, tarutami Ki Hanjuang hejo, mangrupikeun siloka aya na "Perjuangan". Simbul resmi bahasa sandi nu di pertelakeun ku tutuwuhan. Ciren buktos nu parantos yaktos nyaeta ayana Prasasti tutuwuhan Hanjuang, namina Prasasti Geger Hanjuang.

Sumber informasi budaya yang sangat penting dalam rangka perwujudan kesatuan budaya nasional di Jawa Barat adalah naskah dan prasasti. Naskah Sunda dan prasasti yang mengungkap keterangan tentang adanya kabuyutan yang berkaitan dengan keberadaan Galunggung yang identik dengan Kabupaten Tasikmalaya masa kini adalah Naskah Amanat Galunggung dan Carita Parahiyangan, serta Prasasti Geger Hanjuang. 


Esensi Naskah Amanat Galunggung berisi tentang ajaran hidup yang diwujudkan dalam bentuk nasihat yang dituturkan oleh Rakeyan Darmasiksa kepada putranya, Sang Lumahing Taman, beserta cucu, cicit, dan keturunannya yang umumnya bagi masyarakat luas. Menurut salah satu karya Pangeran Wangsakerta, Rakeyan Darmasiksa adalah Raja Sunda yang memerintah 1175-1297 Masehi, mula-mula berkedudukan di Saunggalah yang lokasinya termasuk daerah Galunggung, kemudian pindah ke Pakuan. Berdasarkan hal ini pula, Danasasmita memberi judul Amanat Galunggung.

Naskah Amanat Galunggung berkelindan erat dengan Prasasti Geger Hanjuang karena isinya ada kesesuaian berkenaan dengan pembuatan parit (pertahanan) Rumantak pada masa pemerintahan Batari Hyang yang bertakhta di Galunggung. Terjemahan teksnya, "Semoga selamat. Inilah permulaan tanda peringatan Rahiyang Banga, ketika Ia membuat parit (pertahanan) Pakuan, bernama Rahiyangta Wuwus, maka ia berputra Maharaja Dewata, Maharaja Dewata berputra Baduga Sanghiyang, Baduga Sanghiyang berputra Prabu Sanghiyang, Prabu Sanghiyang berputra Sang Lumahing Rana, Sang Lumahing Rana berputra..."

Prasasti Geger Hanjuang kini tersimpan di Museum Pusat Jakarta dengan nomor koleksi D-26, berukuran tinggi 80 sentimeter dan lebarnya 60 sentimeter.

Prasasti Geger Hanjuang isinya ditulis dalam aksara dan bahasa Sunda buhun (Bandingkan Sunardjo, dkk., 1978) yang cukup terang untuk dibaca, terdiri atas tiga baris yang bacaannya sebagai berikut:

tra ba i gunna apuy na-

sta gomati sakakala rumata-

k disusu (k) ku batari hyang pun

Tafsirannya, pada hari ke-13 bulan Badra tahun 1033 Saka Rumatak (selesai) disusuk oleh Batari Hyang.

Edisi lain:
Bah o gunna,
apuy le,
Dya wwang a bu ti saka kala ru? Mata
k di yu yu ku batari hyang pun.

Pada baris pertama, Bah mungkin singkatan dari Brahma. O mengingatkan kepada ong (om); guna (guna) berarti tiga (3), apuy 3 mungkin berhubungan dengan ajaran Ketuhanan Hindu (Triguna). Dijelaskan, nilai guna dalam candrasangkala bukanlah pengganti untuk bilangan 3. Maka dalam guna 3 apuy 3, dibaca 1 maka menjadi 1333. Holle yang pertama membaca prasasti itu tidak menjelaskan perkataan mana dalam prasasti itu yang dimaksudkannya sebagai angka 1 dan angka 3 sebuah lagi. Adapun mengenai baris kedua, beliau menyebutkan, baris tersebut "kurang jelas".

Perhitungan pemilihan momen sejarah yang dijadikan sebagai pangkal tolak Hari Jadi Tasikmalaya, juga ditempuh melalui beberapa proses berdasarkan penilaian objektif dan kenyataan sejarah. Enam faktor penting momen tersebut adalah Galunggung menurut prasasti Geger Hanjuang, periode pemerintahan di Sukakerta, berdirinya Sukapura beserta perkembangannya, perpindahan Ibu Kota Kab. Sukapura ke Manonjaya; perpindahan Ibu Kota Kab. Sukapura dari Manonjaya ke Tasikmalaya, yang diikuti perubahan nama Kab. Sukapura menjadi Kab. Tasikmalaya, serta Tasikmalaya dalam tatanan Republik Indonesia. Prasasti beserta beraneka ragam patilasan berupa lingga dan benda purbakala lain di Tasikmalaya, bisa dijadikan pendukung kuatnya kedudukan Kabuyutan Galunggung dalam penentuan Hari Jadi Tasikmalaya.

Momen pertama yang merunut serta dikuatkan berdasarkan isi teks Prasasti Geger Hanjuang di Linggawangi sebagai pernyataan adanya pemerintahan Galunggung pada tanggal 13 bulan Bhadrapada tahun 1033 Saka. Jika dihitung berdasarkan sistem Tarikh Hijriah, tanggal 1 bulan Bhadrapada tahun 1033 Saka jatuh pada 1 Safar 505 Hijriah, bertepatan dengan 9 Agustus 1111 Masehi. Dengan demikian, tanggal 13 Bhadrapada sama dengan 13 Safar tahun 505 Hijriah atau bertepatan dengan 21 Agustus 1111 Masehi.

Berdasarkan itu, ternyata Prasasti Geger Hanjuang menempati kedudukan tertinggi dari momen lainnya. Dengan demikian, momen pertama itulah yang paling tepat dan dijadikan sebagai tonggak penetapan Hari Jadi Tasikmalaya. Pada periode tersebut, di Tasikmalaya telah berdiri pusat pemerintahan.

Konstelasi dari tonggak penetapan Hari Jadi Tasikmalaya adalah Prasasti Geger Hanjuang yang dibuat pada 21 Agustus 1111 Masehi, sebagai tanda upacara pentasbihan Batari Hyang sebagai penguasa dan bertakhta di Galunggung. Prasasti Geger Hanjuang membuktikan, cerita rakyat/sastra lisan yang tersebar di sekitar Galunggung yang hampir punah, benar-benar terbukti dan ada. Kerajaan Galunggung yang semula berbentuk kebataraan diperintah wanita berjiwa prajurit yang cerdas, tangkas, cekatan, dan "nyantri". Ia sebanding dengan Prabu Wastu Kancana di Galuh dan Prabu Sri Baduga Maharaja di Raja di Pakuan Pajajaran. Tidak berlebihan jika ia layak digelari Siliwangi (ratu yang harum namanya) seperti raja-raja lain yang mampu "menyejahterakan rakyat banyak" yang bergelar Prabu Siliwangi.




Janten dimana aya perjuangan di dinya aya Hanjuang. Teras nyakseni na "proses perjuangan"atanapi hiji gambaran mancen tugas nagara,dimana aya pancen, di dinya di cecebkeun Hanjuang. Nu ku simkuring pimaksad simbol/jati Sunda oge tiasa dipedarkeun sapertos kieu; Kunaon kudu Hanjuang hejo? Hanjuang hejo janten simbul nyamuni dimanten upami direret ku sareretan mah teu patos katawis atra. Teu jelas. Upami tos diteungeutan nembe katinggal saluyu kana : "Kudu nyumput buni dinu caang". Hartosna teu ninggalikeun sagala nu aya dina diri (teu adigung) ngajajar sapapada batur hirup.
Seueur keneh buktos anu sejenna,contona carita perjuangan Eyang Jaya Perkosa anu di Kutamaya,Sumedang. Kareusian Galunggung, oge Geger Hanjaung anu aya di Ciguling,Sumedang.

Aya deui Ki Hanjuang beureum. Eta oge mangrupikeun ciri bahari nu dicandak kiwari. Biasana dipelak dipayuneun buruan. Eta mangrupikeun simbul kamuliaan,ajen diri ka rumuhun. Khususna nu ku simkuring terang,hampir sadyana urang Sunda tangtu melak hanjuang beureum di payuneun padumukanna. Eta janten sandi yen nu gaduh bumi teh nyakseni Urang Sunda. CAG!


Salim baktos ka pun lanceuk Kang Erwin Waluya Dinata


 

1 comment:

  1. Sae pisan. Sing janten jalan sangkan urang Sunda uninga deui ka ciri-na.

    ReplyDelete

Mangga upami bade komentar atawa aya nu janten pitaroskeunneun,di post wae didieu..